TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints89857 UR - http://digilib.unila.ac.id/89857/ A1 - INDAH PUTRI, AGUSANI Y1 - 2025/06/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik pada materi perubahan iklim. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMAN 1 Kotabumi tahun 2024/2025. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil Uji Independent Sample T Test pada kelas eksperimen dan kontrol sebesar Sig. (2-tailed) 0,01<0,05 menunjukkan bahwa H1 diterima. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL mendapat nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,72 termasuk kategori tinggi, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,33 termasuk kategori sedang. Dilakukan juga uji effect size didapatkan nilai 2,663 dengan interpretasi ?besar?. Hasil data kemampuan kolaborasi didapatkan dari lembar observasi diperoleh rata-rata persentase sebesar 78,85% dengan kategori baik pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata persentase sebesar 66,79% dengan kategori cukup. Hasil data angket model PBL diperoleh rata-rata persentase sebesar 91,79% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Kolaborasi, Perubahan Iklim, Problem Based Learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM AV - restricted ER -