%0 Generic %A Hema , Orbayani %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89861 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK %U http://digilib.unila.ac.id/89861/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing berbantuan augmented reality yang valid dan praktis. LKPD yang dikembangkan untuk menstimulasi keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan Design & Development Research (DDR) yang terdiri dari 4 tahap yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli mendapat skor rata-rata sebesar 0,82 dengan kategori valid. Kepraktisan produk dinilai dari aspek keterbacaan, aspek persepsi guru, dan aspek respon peserta didik dengan memperoleh persentase rata-rata sebesar 92% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing berbantuan augmented reality telah valid dan praktis untuk menstimulasi keterampilan proses sains peserta didik. Kata kunci: Augmented Reality, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, LKPD