%A SYAFITRI LISYA %T PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 267 siswa yang terdistribusi ke dalam 9 kelas yaitu VIII A sampai VIII I. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 29 siswa dan VIII F yang berjumlah 29 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. %D 2025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2013021020 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints89922