%0 Generic %A AL AMIN, - %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89928 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025) %U http://digilib.unila.ac.id/89928/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 174 siswa yang terdistribusi ke dalam enam kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa kelas VIII B sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model guided inquiry lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.