@misc{eprints89941, month = {Juni}, title = {IMPLEMENTASI INSTRUMEN ASSESSMENT AS LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENSTIMULASI SIKAP ILMIAH SISWA}, author = {Indriani Novita}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/89941/}, abstract = {Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui implementasi instrumen Assessment as Learning pada pembelajaran fisika berbasis masalah dalam menstimulasi sikap ilmiah siswa di Kota Bandar Lampung. Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan sampel dari siswa kelas XI.F4 SMANLA, Kelas XI.1 SMA GM dan XI.1 SMA JN Tahun Ajaran 2025/2026 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui self-assessment, peer-assessment dan observasi untuk mengetahui sikap ilmiah siswa selama proses pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik mapping dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi instrumen AaL dalam pembelajaran fisika berbasis masalah mampu menstimulasi dan memetakan sikap ilmiah siswa secara holistik melalui tiga bentuk penilaian, yaitu self-assessment, peerassessment, dan observasi serta variasi respons siswa antar sekolah yang menunjukkan bahwa penerapan AaL bersifat kontekstual, bergantung pada lingkungan dan karakteristik masing-masing sekolah. Kata Kunci: Assessment as Learning, Problem Based Learning, Sikap Ilmiah.} }