TY - THES ID - eprints89946 UR - http://digilib.unila.ac.id/89946/ A1 - RINI, KASRAH Y1 - 2025/04/11/ N2 - Puja bakti merupakan salah satu ritual utama dalam praktik keberagamaan umat Buddha yang berfungsi sebagai sarana pembinaan spiritual dan internalisasi nilainilai Dhamma. Namun, implementasi puja bakti di Vihara Bandar Lampung masih menghadapi sejumlah kendala, seperti rendahnya partisipasi umat akibat kesibukan pribadi, minimnya pemahaman terhadap ajaran Buddha, dan lemahnya motivasi untuk hadir secara rutin. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh strategi komunikasi yang diterapkan oleh humas vihara terhadap efektivitas komunikasi umat dalam program puja bakti. Strategi komunikasi dianalisis melalui tujuh variabel: kredibilitas, konteks, isi pesan, kejelasan, kontinuitas dan konsistensi, saluran, serta kapabilitas khalayak. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods) dengan desain explanatory sequential menurut Creswell, yang diawali dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 281 responden umat Buddha, kemudian dilanjutkan dengan pendalaman data secara kualitatif. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan regresi ganda yang menunjukkan bahwa secara simultan ketujuh variabel strategi komunikasi memberikan kontribusi sebesar 73,8% terhadap efektivitas komunikasi dan sisanya 26,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini dengan pengaruh dominan ditunjukkan oleh kredibilitas (24,1%) dan pengaruh terendah ditunjukkan oleh saluran (3%). Temuan ini menegaskan pentingnya peran humas vihara dalam merancang strategi komunikasi yang terstruktur dan berorientasi pada kebutuhan umat untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan puja bakti di vihara Bandar Lampung. Kata Kunci: Efektivitas Komunikasi, Humas vihara, Strategi Komunikasi, Umat Buddha PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI UMAT BUDDHA DALAM PROGRAM PUJA BAKTI (Studi Pada Humas Vihara di Bandar Lampung) AV - restricted ER -