creators_name: Siti Sofia, Al Hanifa creators_id: 1813054006 type: other datestamp: 2025-07-01 03:02:13 lastmod: 2025-07-01 03:02:13 metadata_visibility: show title: Persepsi Guru di Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus II Kecamatan Terbanggi Besar Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru di Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus II Kecamatan Terbanggi Besar terhadap implementasi kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai sumber data utama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang tergabung dalam KKG Gugus II Kecamatan Terbanggi Besar yang terdiri dari 15 Lembaga dengan jumlah 64 guru. Teknik sampling menggunakan sampel total dimana semua populasi dijadikan sampel penelitian karena jumlah populasi relatif kecil dengan teknik analisis data menggunakan rumus interval dan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru menunjukan persepsi yang tinggi terhadap implemantasi kurikulum merdeka, yakni sebanyak 39 guru (60,9%) memahami dengan baik prinsip dasar kurikulum merdeka. seperti: fleksibilitas pembelajaran, pengembangan karakter, dan integrasi Profil Pelajar Pancasila. Guru-guru juga menunjukkan antusiasme tinggi terhadap kebebasan merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta aktif berkolaborasi dalam pengembangan strategi pembelajaran dan evaluasi. Sementara itu, sebanyak 25 guru (29,1%) berada pada kategori sedang, menunjukan terdapat tantangan dalam kesiapan guru dalam mengantisipasi kesulitan selama proses pembelajaran dengan kurikulum merdeka. KKG menjadi wadah untuk meningkatkan kolaborasi antar guru dan menjadi solusi terhadap tantangan yang ada. Kata Kunci: Persepsi Guru, Kelompok Kerja Guru (KKG), Kurikulum Merdeka. This study aims to analyze the perceptions of teachers in the Teacher Working Group (KKG) Cluster II of Terbanggi Besar District regarding the implementation of the merdeka curriculum. The research method used is descriptive quantitative, with data collection techniques using questionnaires as the primary data source. The population in this study includes all teachers who are members of KKG Cluster II in Terbanggi Besar District, consisting of 15 institutions with a total of 64 teachers. The sampling technique uses a total sample, where the entire population is taken as the research sample due to the relatively small population size, with data analysis techniques using interval formulas and percentage formulas. The results show that the majority of teachers have a high perception of the implementation of the merdeka curriculum, with 39 teachers (60.9%) having a good understanding of the basic principles of the merdeka curriculum, such as learning flexibility, character development, and the integration of the Pancasila Student Profile. The teachers also show high enthusiasm for the freedom to design creative and innovative learning and actively collaborate in the development of learning strategies and evaluation. Meanwhile, 25 teachers (29.1%) fall into the moderate category, indicating challenges in teacher readiness to anticipate difficulties during the learning process with the merdeka curriculum. The KKG serves as a forum to enhance collaboration among teachers and acts as a solution to existing challenges. Keywords: Teacher Perceptions, Teacher Working Groups (KKG), Merdeka Curriculum. date: 2025-05-19 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung citation: Siti Sofia, Al Hanifa (2025) Persepsi Guru di Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus II Kecamatan Terbanggi Besar Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung . document_url: http://digilib.unila.ac.id/89963/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89963/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89963/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf