@misc{eprints89990, month = {Juni}, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 28 BANDAR LAMPUNG }, author = {Desisfa Alna Tarisa}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/89990/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning bermuatan socio-scientific issues terhadap literasi sains peserta didik kelas VII di SMPN 28 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan teknik pretest postest non-equivalent control group design. Sampel diambil melalui teknik purposive sampling dengan jumlah 28 peserta didik kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas VII D sebagai kelas kontrol. Data kemampuan literasi sains diambil melalui pretest dan postest sementara data tanggapan peserta didik diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains kelas eksperimen lebih tinggi (N-gain 0,65) dan berbeda nyata dibandingkan dengan kelas kontrol (N-gain 0,40). Hasil uji independent sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 yang artinya H{$_0$} ditolak dan H{$_1$} diterima. Kemudian, hasil uji effect size menunjukkan bahwa problem based learning bermuatan socio-scientific issues berpengaruh besar dengan kriteria tinggi (2,36). Kemampuan literasi sains tertinggi terdapat pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah (N-gain 0,67) dengan kategori sedang dan terendah pada indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah (N-gain 0,59). Selain itu, hasil uji juga didukung oleh hasil angket yang mendapat tanggapan positif dan diterima oleh peserta didik dengan persentase 85\% (hampir semua setuju). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan problem based learning bermuatan socio-scientific issues berpengaruh terhadap literasi sains peserta didik. Kata kunci: Literasi Sains, Model Problem Based Learning, Socio-Scientific Issues } }