?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113024043&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+BERMUATAN+SOCIO+SCIENTIFICT+ISSUE+(SSI)+BERBANTU+INFOGRAFIS+TERHADAP%0D%0AKEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIFPESERTA+DIDIK+KELAS+VII%0D%0A&rft.creator=Vita%2C+Yuniar&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitan+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+dari+penggunaan+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+bermuatan+Socio+Scientifict+Issue+(SSI)+berbantu+infografis+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+peserta+didik+kelas+VII.+Jenis+penelitian+yang+digunakan+ialah+Quasi+Eksperimen+dengan+desain+Pretest-Posttest+Non-equivalent+Control+Group+Design.+Sampel+penelitian+terdiri+dari+dua+kelas+yang+dipilih+dengan+teknik+Purpose+Sampling+dan+diperoleh+kelas+VII+B+sebanyak+31+peserta+didik+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+VII+E+sebanyak+31+peserta+didik+sebagai+kelas+kontrol.+Jenis+data+yang+diukur+dalam+penelitian+ini+yaitu+data+kuantitatif+berupa+soal+pretest+dan+posttest+dan+data+kualitatif+berupa+angket.+Hasil+Uji+hipotesis+menggunakan+Independent+Sample+T-Test+dengan+hasil+menunjukkan+nilai+Sig.+(2-tailed)+0.00++%3C+0%2C05%2C+sehingga+H1+diterima+dan+H0+ditolak.++Dengan+demikian+adanya+pengaruh+yang+signifikan+penggunaan+model+PBL+bermuatan+SSI+berbantu+infografis+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+peserta+didik+kelas+VII+SMP+Negeri+28+Bandar+Lampung.+Penelitian+menunjukkan+nilai+N-gain+di+kelas+eksperimen+yaitu+sebesar+0%2C56+yang+berada+pada+kategori+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D.+Serta+hasil+uji+effect+size+yaitu+sebesar+1%2C56+dengan+interpretasi+%E2%80%9Cbesar%E2%80%9D.+Berdasarkan+perolehan+hasil+angket+tanggapan+peserta+didik+memperoleh+rata-rata+presentase+sebesar+83%2C61%25+dengan+kriteria+sangat+baik.+%0D%0A%0D%0AKata+Kunci+%3A+Berpikir+Kreatif%2C+Infografis%2C+Problem+Based+Learning%2C+Socio+Scientifict+Issue%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+pendidikan&rft.date=2025-06-17&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89997%2F1%2FABSTRAK_%2520VITA%2520YUNIAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89997%2F3%2FSKRIPSI%2520%2520FULL%2520VITA%2520YUNIAR_TANPA%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89997%2F2%2FSKRIPSI%2520%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%25204%2520DAN%2520LAMPIRAN%2520VITA%2520YUNIAR.pdf&rft.identifier=++Vita%2C+Yuniar++(2025)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+BERMUATAN+SOCIO+SCIENTIFICT+ISSUE+(SSI)+BERBANTU+INFOGRAFIS+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIFPESERTA+DIDIK+KELAS+VII.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89997%2F