?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=Pengembangan+Perangkat+Pembelajaran+IPA+Terpadu+Berorientasi+Literasi+Sains+pada+Model+Pembelajaran+Exclusive%0D%0A&rft.creator=Muhammad+Rohli%2C+1013022051&rft.subject=+&rft.subject=H+Social+Sciences+(General)&rft.subject=LC+Special+aspects+of+education&rft.description=Berdasarkan+hasil+penelitian+pendahuluan+ke+beberapa+guru+SMP%2FMTs+diperoleh+bahwa+semua+guru+menyatakan+perlu+adanya+pengembangan+perangkat+pembelajaran+berorientasi+literasi+sains.+Karena+seperti+halnya+yang+terdapat+pada+SMP+Negeri+1+Bandar+Lampung%2C+diketahui+bahwa+perangkat+pembelajaran+IPA+yang+digunakan+di+SMP+Negeri+1+Bandar+Lampung+berupa+silabus%2C+RPP%2C+LKS%2C+dan+buku+siswa+tersebut+berdasarkan+kurikulum+2013+hanya+mendorong+siswa+untuk+menguasai+materi+dari+segi+kognitif%2C+afektif%2C+dan+psikomotorik+saja%2C+namun+belum+menanamkan+kemampuan+literasi+sains+kepada+siswa.+Dengan+mempertimbangkan+masalah+tersebut%2C+maka+peneliti+mengembangkan+perangkat+pembelajaran+yang+berorientasi+literasi+sains+pada+pembelajaran+IPA+Terpadu+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+exclusive.%0D%0A%0D%0AMetode+pengembangan+ini+menggunakan+pendekatan+research+and+development+atau+penelitian+dan+pengembangan.+Langkah-langkah+penelitian+ini+berpedoman+pada+desain+penelitian+pengembangan+media+instruksional+oleh+Borg+and+Gall+yang+meliputi+delapan+langkah%2C+yaitu%3A+potensi+dan+masalah%2C+mengumpulkan+informasi%2C+mendesain+produk%2C+melakukan+validasi+ahli%2C+perbaikan+desain%2C+uji+coba+produk+kelas+terbatas%2C+revisi+produk%2C+dan+uji+coba+pemakaian.+%0D%0A%0D%0ADari+hasil+penelitian%2C+diperoleh+bahwa+produk+berupa+perangkat+pembelajaran+IPA+terpadu+berorientasi+literasi+sains+pada+model+pembelajaran+exclusive+telah+teruji+dan+dinyatakan+efektif+digunakan+sebagai+media+pembelajaran+berdasarkan+perolehan+penilaian+efektif%2C+kognitif%2C+dan+psikomotorik.+Penilaian+kognitif+sebesar+78%2C5%25+siswa+uji+tuntas+KKM+dengan+hasil+belajar+secara+keseluruhan+berkriteria+baik.+Penilaian+afektif+sebesar+100%25+dengan+mengisi+instrumen+penilaian+oleh+siswa+dengan+kriteria+sangat+baik.+Penilaian+psikomotorik+sebesar+78%2C5%25+berkriteria+baik%2C+dimana+siswa+melakukan+dua+kegiatan+pembelajaran.+Dan+terakhir%2C+diperoleh+tanggapan+siswa+terhadap+perangkat+pembelajaran+yang+dikembangkan+sangat+baik+dengan+skor+3%2C77+(skor+maksimal+4).%0D%0A%0D%0ADengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+dihasilkan+perangkat+pembelajaran+berorientasi+literasi+sains%2C+yang+telah+teruji+sesuai+teori+dengan+kualitas+sangat+menarik%2C+dinyatakan+efektif+digunakan+sebagai+media+pembelajaran+dengan+tanggapan+siswa+sangat+baik.%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-04-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F1%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F2%2FCover%2520Dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F3%2FHalaman%2520Persetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F4%2FHalaman%2520Pengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F5%2FPernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F6%2FRiwayat%2520hidup.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F7%2FMotto.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F8%2FPersembahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F9%2FSanwacana.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F33%2FDaftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F34%2FDaftar%2520Gambar.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F35%2FDaftar%2520Tabel.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F36%2FDaftar%2520lampiran.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F37%2FBab%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F38%2FBab%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F39%2FBab%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F40%2FBab%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F41%2FBab%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F42%2FDaftar%2520pustaka.pdf&rft.identifier=++Muhammad+Rohli%2C+1013022051++(2015)+Pengembangan+Perangkat+Pembelajaran+IPA+Terpadu+Berorientasi+Literasi+Sains+pada+Model+Pembelajaran+Exclusive.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9043%2F