?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENERAPAN+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+STAD%0D%0ADISERTAI+PETA+KONSEP+TERHADAP+PENGUASAAN%0D%0AKONSEP+MATERI+POKOK+SISTEM+KOLOID%0D%0ADI+SMA+NEGERI+4+BANDAR+LAMPUNG&rft.creator=0513023038%2C+Nanang&rft.subject=+&rft.description=Berdasarkan+hasil+obsevasi+dan+wawancara+dengan+guru+kimia+SMAN+4+Bandar%0D%0ALampung+tahun+pelajaran+2007-2008+diperoleh+informasi+bahwa+rata-rata+nilai+tes%0D%0Aformatif+siswa+semester+genap+kelas+XI+IPA+pada+materi+pokok+sistem+koloid%0D%0Amasih+rendah%2C+yaitu+60+dan+yang+mencapai+Kriteria+Ketuntasan+Minimal+(KKM)%0D%0Ahanya+40%25.++KKM+yang+ditetapkan+di+sekolah+tersebut+adalah+%E2%89%A5+70+dan+suatu+kelas%0D%0Adikatakan+tuntas+belajar+apabila+dikelas+tersebut+80%25+siswa+telah+mencapai+nilai+%E2%89%A5%0D%0A70.%0D%0ARumusan+masalah+penelitian+ini+adalah+apakah+ada+pengaruh+penerapan%0D%0Apembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+disertai+peta+konsep+terhadap+peningkatan%0D%0Apenguasaan+konsep+materi+pokok+sistem+koloid.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk%0D%0Amengetahui+ada+atau+tidak+ada+pengaruh+penerapan+pembelajaran+kooperatif+tipe%0D%0ASTAD+disertai+peta+konsep+terhadap+peningkatan+penguasaan+konsep+materi+pokok%0D%0Asistem+koloid.+Jenis+penelitian+ini+adalah+kuasi+eksperimen.++Data+yang+diambil%0D%0Adalam+penelitian+ini+adalah+nilai+tes+formatif+kelas+kontrol+dan+kelas+perlakuan.%0D%0ARata-rata+nilai+tes+formatif+yang+diperoleh+kelas+kontrol+sebesar+71%2C5%2C+sedangkan%0D%0Akelas+perlakuan+sebesar+83%2C6.++Sehingga+dapat+disimpulkan+bahwa+penguasaan%0D%0Akonsep+kelas+perlakuan+lebih+tinggi+dari+kelas+kontrol.+Ada+pengaruh+penerapan%0D%0Apembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+disertai+peta++konsep+terhadap+peningkatan%0D%0Apenguasaan+konsep+materi+pokok+sistem+koloid.+Penerapan+pembelajaran%0D%0Akooperatif+tipe+STAD+disertai+peta+konsep+dapat+meningkatkan+penguasaan+konsep%0D%0Amateri+pokok+sistem+koloid+siswa+dari+kelompok+berkemampuan+rendah%2C+sedang%0D%0Adan+tinggi.%0D%0AKata+kunci%3A+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD%2C+peta+konsep%2C+penguasaan+konsep.&rft.date=2010-09-02&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F2%2Fcover%2520dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F3%2Fcover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F4%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F5%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F6%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F7%2FMENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F8%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F9%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F10%2Fpersetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F11%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F12%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F13%2Fbab%2520i.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F14%2Fbab%2520ii.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F15%2Fbab%2520iii.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F16%2Fbab%2520iv.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F17%2Fbab%2520v.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++0513023038%2C+Nanang++(2010)+PENGARUH+PENERAPAN+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+STAD+DISERTAI+PETA+KONSEP+TERHADAP+PENGUASAAN+KONSEP+MATERI+POKOK+SISTEM+KOLOID+DI+SMA+NEGERI+4+BANDAR+LAMPUNG.++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9098%2F