%0 Generic %A 0613031007, Rusmayanti %D 2010 %F eprints:9121 %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI JURUSAN PENDIDIKAN IPS FKIP UNILA ANGKATAN 2007 NON-REGULER TAHUN AKADEMIK 2009/2010 %U http://digilib.unila.ac.id/9121/ %X Prestasi belajar merupakan hasil yang didapat atau diperoleh anak didik selama mengikuti proses pembelajaran. Prestasi belajar yang dicapai anak didik merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dari dalam diri (internal) maupun dari luar diri (eksternal) individu. Beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, antara lain materi belajar, sumber belajar, metode, suasana kelas dan evaluasi belajar. Faktor lain yang juga dapat mempengaruhi prestasi belajar anak didik adalah motivasi belajar, aktivitas belajar, ketersediaan sarana belajar di rumah dan lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi (2) Untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi (3) Untuk mengetahui pengaruh ketersediaan sarana belajar di rumah belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi (4) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi (5) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, aktivitas belajar, ketersediaan sarana belajar di rumah dan lingkungan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Unila Angkatan 2007 Non-Reguler Tahun Akademik 2009/2010. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan survei. Sampel penelitian adalah mahasiswa Non- Reguler Program Studi Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2007 yang berjumlah 39 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada mahasiswa Non-Reguler Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2007 Tahun Ajaran 2009/2010, dengan koefisien determinasi sebesar 0,579 atau 57,9%, (2) Ada pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada mahasiswa Non-Reguler Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2007 Tahun Ajaran 2009/2010, dengan koefisien determinasi sebesar 0,429 atau 42,9%, (3) Ada pengaruh ketersediaan sarana belajar di rumah terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada mahasiswa Non-Reguler Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2007 Tahun Ajaran 2009/2010, dengan koefisien determinasi sebesar 0,391 atau 39,1%, (4) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada mahasiswa Non-Reguler Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2007 Tahun Ajaran 2009/2010, dengan koefisien determinasi sebesar 0,269 atau 26,9%, (5) Ada pengaruh motivasi belajar, aktivitas belajar, ketersediaan sarana belajar di rumah dan lingkungann belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi pada mahasiswa Non-Reguler Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2007 Tahun Ajaran 2009/2010, dengan koefisien determinasi sebesar0,61 atau 61%.