%A Burhanuddin 0613031017 %J Digital Library %T HUBUNGAN ANTARA MINAT, KEBIASAAN DAN SARANA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2007 REGULER FKIP UNILA SEMESTER GANJIL TAHUN 2008/2009 %X Universitas Lampung sebagai salah satu perguruan tinggi yang dituntut untuk dapat menghasilkan SDM yang berkualitas dan berkompeten menurut bidangnya masing-masing. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung sebagai calon tenaga kependidikan juga dituntut untuk dapat menjadi SDM yang berkualitas tinggi dan professional. Untuk itu, mereka harus menguasai semua mata kuliah yang telah dipelajari dan mampu menerapkannya secara baik dalam kehidupan sehari-hari serta mampu mengajarkannya kepada anak didiknya kelak. Salah satu mata kuliah yang wajib dipelajari oleh setiap mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah Matematika Ekonomi. Bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Reguler Angkatan 2007, mata kuliah ini telah dipelajari di semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. BURHANUDDIN Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa prestasi belajar mata kuliah matematika ekonomi mahasiswa masih sangat rendah. Rendahnya prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika ekonomi ini disebabkan oleh banyak faktor. Di antara banyak faktor yang dapat mempengaruhi atau berperan dalam pencapaian prestasi belajar mahasiswa, diduga faktor minat belajar, kebiasaan belajar, dan sarana belajar memiliki peranan yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara minat, kebiasaan dan sarana belajar dengan prestasi belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2007 Reguler Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2008/2009. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapat bahwa: 1. Tidak ada hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2007 Reguler Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Lampung pada semester ganjil Tahun Ajaran 2008/2009 dengan r atau -0,026 < 0,301. 2. Tidak ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2007 Reguler Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Lampung pada semester ganjil Tahun Ajaran 2008/2009 dengan r atau 0,046 < 0,301. 3. Tidak ada hubungan antara sarana belajar dengan prestasi belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi hitung hitung < r < r tabel tabel BURHANUDDIN Angkatan 2007 Reguler Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Lampung pada semester ganjil Tahun Ajaran 2008/2009 dengan r atau -0,120 < 0,301. 4. Tidak ada hubungan antara minat, kebiasaan dan sarana belajar dengan prestasi belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2007 Reguler Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Lampung pada semester ganjil Tahun Ajaran 2008/2009 dengan R hitung < R tabel atau 0,139 < 0,301. %D 2010 %L eprints9122