%A Kukuh Prihandoko 0613031024 %J Digital Library %T UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 PRINGSEWU TAHUN 5 PELAJARAN 2009/2010 %X Salah satu faktor penyebab masih belum optimalnya hasil belajar IPS ekonomi siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Pringsewu adalah rendahnya aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar, di mana dalam proses tersebut siswa cenderung kurang aktif dalam belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran. Alternatif itu antara lain melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Pendekatan dalam pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2009/2010, dan 2) peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII Pelajaran 2009/2010. 5 5 Kukuh Prihandoko di SMP Negeri di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 Kukuh Prihandoko SMP Negeri 2 Pringsewu semester ganjil pada pembelajaran kelangkaan, pelaku pasar serta pasar tahun pelajaran 2009/2010, dengan jumlah siswa 37 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki- laki dan 22 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas siswa, pengelolaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa yang terdiri dari 3 siklus dan diperoleh dari tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian dan pengamatan diperoleh: 1) rata-rata aktivitas siswa yang dikategorikan aktif pada siklus I sebesar 58,11%; pada siklus II sebesar 70,27%; pada siklus III sebesar 82,43%. Selisih peningkatan setiap siklusnya yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 12,16%; dari siklus II ke siklus III sebesar 12,16%; dan dari siklus I ke siklus III sebesar 24,32%. Berdasarkan data yang diperoleh ternyata aktivitas siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan; 2) nilai rata-rata kelas siswa pada siklus I adalah 52,57, pada siklus II sebesar 59,73, dan pada siklus III sebesar 68,92. Kemudian persentase siswa yang memperoleh nilai ? 65 pada siklus I adalah 21,62%, siklus II sebesar 37,84%, dan siklus III sebesar 91,89%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII 2009/2010. 5 di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Pendekatan Kontekstual. %D 2010 %L eprints9123