TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints9149 UR - http://digilib.unila.ac.id/9149/ A1 - WIWIN DIYAH WINARTI, 1013079317 Y1 - 2015/03/17/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang masih dibawah KKM 65, siswa tuntas mencapai 20%. Adapun tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan metode inquiri pada pelajaran IPA kelas V SD Negeri 2 Krawangsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri atas dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa, kinerja guru dan hasil belajar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan metode inquiri, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan melalui siklus I dan siklus II pada pelajaran IPA kelas V SD Negeri 2 Krawangsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci: Akivitas dan Hasil belajar, metode Inquiri. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE INQUIRI PADA SISWA KELAS V SDN 2 KRAWANGSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -