TY - GEN ID - eprints9158 UR - http://digilib.unila.ac.id/9158/ A1 - 0713053003, Agung Saputra Y1 - 2012/06/02/ N2 - Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan keterampilan bercerita siswa melalui penerapan pendekatan Cooperative Learning Type Group Investigation berdasarkan pengamatan lingkungan siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Selatan. Rancangan atau jenis dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR)yang dilaksanakan berdasarkan kajian dan tindakan secara kolaboratif, partisipatif, dan reflektif dalam situasi yang alamiah, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan aktivitas dan keterampilan bercerita siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dengan kriteria ketuntasan 75% secara klasikal. Pada siklus I diperoleh persentase (61,76%), terjadi peningkatan sebesar (11,77%)pada siklus II menjadi (73,53%), terjadi peningkatan sebesar (11,76%) pada siklus III menjadi (85,29%). Rata-rata kinerja guru pada siklus I (56,15), siklus II (75,63), dan siklus III (86,15). Keterampilan bercerita siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu siklus I (58,82%), dengan peningkatan (11,77%) di siklus II menjadi (70,59%), dan terjadi peningkatan (11,76%) pada siklus III menjadi (82,35%). Kata kunci: aktivitas, keterampilan bercerita, Cooperative Learning Type Group Investigation, pengamatan lingkungan. TI - PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERCERITA BERDASARKAN PENGAMATAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO SELATAN AV - restricted ER -