title: PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IVC SDN 11 METRO PUSAT creator: 0713053055 , Sumarti subject: description: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas IVC SD Negeri 11 Metro Pusat. Pelajaran IPS sering kali menjadi pelajaran yang membosankan karena guru menekan pada kegiatan menghafal, bukan pada pemahaman siswa mengenai fakta, konsep dan generalisasi sera isu-isu sosial yang ada dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran dalam hal meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, melalui penerapan pembelajaran terpadu model Connected. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan tiga (3) siklus dan masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode ini dipilih karena penelitian menuntut kajian dan tindakan secara reflektif, kolaborasi, dan partisipasi berdasarkan situasi alamiah yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran. Data diperoleh melalui observasi dan tes dengan menggunakan panduan observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan penerapan pembelajaran terpadu model connected, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVC SD Negeri 11 Metro Pusat. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa terlihat terjadi peningkatan disetiap siklusnya. Rata-rata siklus I yaitu 61,68 % meningkat menjadi 80,13% disiklus II, dan disiklus III meningkat menjadi 85,33%. Hasil belajar IPS meningkat tiap siklusnya. Nilai rata-rata siklus I yaitu 66,97 meningkat menjadi 73,20 disiklus II, dan disiklus III meningkat menjadi 83,03. Berdasarkan hasil temuan, disarankan pada guru hendaknya menggunakan penerapan pembelajaran terpadu model connected untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: pembelajaran terpadu model connected, aktivitas, hasil belajar. date: 2012-07-07 type: Skripsi type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/2/cover%20dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/3/cover%20depan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/4/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/5/moto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/6/pengesahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/7/pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/8/persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/9/persetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/10/riwayat%20hidup.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/11/sanwacana.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/12/Bab%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/13/Bab%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/14/Bab%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/15/Bab%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9159/16/Bab%20V.pdf identifier: 0713053055 , Sumarti (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IVC SDN 11 METRO PUSAT. UNSPECIFIED. relation: http://digilib.unila.ac.id/9159/