%A Melia Mega Astuti 0813053044 %J Digital Library %T PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V B SDN 1 TOTOKATON TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V B SDN 1 Totokaton Lampung Tengah. Salah satu alternatif mengatasi masalah tersebut digunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL), dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V B. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan persentase aktivitas siswa dan rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya. Persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 49,08%, meningkat pada siklus II menjadi 62,37% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 80,08%. Begitu pula pada rata-rata hasil belajar siswa yang selalu meningkat dari 59,38 pada siklus I, menjadi 70,79 pada siklus II, dan 84,08 pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tiga siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V B SDN 1 Totokaton. Kata kunci: model Contextual Teaching and Learning (CTL), aktivitas belajar, hasil belajar. %D 2012 %L eprints9169