@misc{eprints9175, month = {April}, title = {PENERAPAN MODEL ARTIKULASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 08 METRO SELATAN}, author = {1113053013 Arfian Junianto}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/9175/}, abstract = {ABSTRAK Pembelajaran IPS di kelas IVA SD Negeri 08 Metro Selatan belum optimal, aktivitas dan hasil belajar siswa belum sesuai harapan. Ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 40\% dari jumlah seluruh siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model artikulasi dan media power point. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model artikulasi dengan menggunakan media power point dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 69,8 dengan persentase ketuntasan 69\%, meningkat pada siklus II menjadi 73,4 dengan persentase ketuntasan 82,5\%. Nilai hasil belajar afektif siklus I adalah 76,1 dengan persentase ketuntasan 69\%, meningkat pada siklus II menjadi 78,8 dengan persentase ketuntasan 80\%. Nilai hasil belajar psikomotor siklus I adalah 76,6 dengan persentase ketuntasan 74,5\%, meningkat pada siklus II menjadi 81,0 dengan persentase 82,5\%. Nilai hasil belajar kognitif siklus I adalah 67,1 dengan persentase ketuntasan 60\%, meningkat pada siklus II menjadi 70,2 dengan persentase ketuntasan 80\%. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, model artikulasi, power point.} }