@misc{eprints9177, month = {September}, title = {MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS IV S D N E G E R I 1 S U M B E R A G U N G TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012 }, author = {Julita 1013069062}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/9177/}, abstract = {Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Negeri 1 Sumber Agung belum mencapai nilai 60 dari 30 siswa. Guru hanya mengandalkan satu sumber buku sebagai bahan ajar dan menerapkan materi pelajaran dengan berceramah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa oleh guru dibutuhkan penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode latihan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumber Agung. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai siswa kelas IV se-Negeri 1 Sumber Agung. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai {\ensuremath{<}} 60 berjumlah 20 siswa (66,67\%) dan yang mendapatkan nilai {\ensuremath{>}} 60 berjumlah 10 siswa (33,33\%). Pada siklus II, hasil belajar siswa menunjukkan nilai {\ensuremath{<}} 60 berjumlah 4 siswa (13,33\%) dan yang mendapat nilai {\ensuremath{>}} 60 berjumlah 26 siswa (86,67\%) dan mengalami peningkatan sebesar 20\%. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa pada siklus II sudah meningkat sangat signifikan dibandingkan hasil belajar siswa pada siklus I. Kata kunci : Hasil belajar, metode demonstrasi dan metode latihan. } }