?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=ENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL++BELAJAR+PKn+MELALUI+%0D%0APENERAPAN+COOPERATIVE+LEARNING+SISWA+KELAS++V+%0D%0ASDN+1+NEGERI+SAKTI+GEDONG+TATAAN++%0D%0AKABUPATEN+PESAWARAN&rft.creator=1013109029+%2C+Masneli+&rft.subject=+&rft.description=Yang+menjadi+dasar+penelitian+ini+adalah+proses+pembelajaran+PKn+di%0D%0ASDN+1+Negeri+Sakti+khususnya+kelas+V+yang+selama+ini+masih+didominasi+oleh%0D%0Ametode+pembelajaran+konvensional+yaitu+ceramah+sehingga+cenderung+monoton%0D%0Adan+kurang+melibatkan+siswa+sehingga+siswa+merasa+bosan+dan+malas+untuk%0D%0Abelajar.+Hal+ini+berdampak+pada+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Oleh%0D%0Asebab+itu%2C+perlu+dilakukan+perbaikan+pembelajaran+melalui+Penelitian+Tindakan%0D%0AKelas.+Tujuan+penelitian+ini+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa%0D%0Amata+pelajaran+PKn+melalui+model+pembelajaran+cooperative+learning.++%0D%0AJenis+penelitian+ini+menggunakan+jenis+penelitian+tindakan+kelas+yang%0D%0Abersifat+daur+siklus+berulang.+Subjek+pada+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+V+yang%0D%0Aberjumlah+20+orang.+Teknik+pengumpulan+data+yang+digunakan+untuk+mengukur%0D%0Ahasil+belajar+siswa+menggunakan+data+kualitatif+yaitu+lembar+observasi+dan+data%0D%0Akuantitatif+yaitu+tes+tertulis.+%0D%0AHasil+penelitian+diperoleh+data+keberhasilan+aktivitas+belajar+siswa+pada%0D%0Asiklus+I+pertemuan+1+sebesar+65%25+dengan+predikat+%E2%80%9CCukup%E2%80%9D%2C+siklus+I+pertemuan+2%0D%0Asebesar+70%25+dengan+predikat+%E2%80%9CBaik%E2%80%9D%2C+terjadi+peningkatan+sebesar+5%25%2C+pada+siklus%0D%0AII+pertemuan+1+sebesar+75%25+dengan+predikat+%E2%80%9CBaik%E2%80%9D%2C+siklus+II+pertemuan+2+sebesar%0D%0A82%25+dengan+predikat+%E2%80%9CBaik%E2%80%9D+terjadi+peningkatan+sebesar+7%25+dan+jika+di+hitung%0D%0Adari+siklus+I+hingga+siklus+II+peningkatan+yang+terjadi+adalah+sebesar+17%25.+Untuk%0D%0Apersentase+hasil+belajar+siswa+siklus+I+pertemuan+1+60%25+dengan+predikat+%E2%80%9DCukup%E2%80%9D+%0D%0Apada+pertemuan+2+meningkat+menjadi+75%25+dengan+predikat+%E2%80%9DBaik%E2%80%9D+sehingga+pada%0D%0Asiklus+I+terjadi+peningkatan+sebesar+15%25%2C+selanjutnya+pada+siklus+II+pertemuan+1%0D%0Apersentase+hasil+belajar+sebesar+80%25+dengan+predikat+%E2%80%9DBaik%E2%80%9D+dan+pada+pertemuan%0D%0Akeduanya+meningkat+sebesar+10%25+menjadi+90%25+dengan+predikat+%E2%80%9DSangat+Baik%E2%80%9D.++%0D%0ABerdasarkan+hasil+penelitian+di+atas%2C+membuktikan+bahwa+model%0D%0Apembelajaran+cooperative+learning+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar%0D%0Asehingga+peneliti+merekomendasikan++kepada+guru+mata+pelajaran+PKn+agar%0D%0Amenggunakan+model+pembelajaran+cooperative+learning+sebagai+salah+satu%0D%0Aalternatif+pembelajaran+di+sekolah.+%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+aktivitas+belajar%2C+hasil+belajar%2C+dan+model+cooperative+learning+&rft.date=2012-07-26&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F2%2Fcover%2520dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F3%2Fcover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F4%2Fdaftar%2520grafik.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F5%2Fdaftar%2520isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F6%2Fdaftar%2520lampiran.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F7%2Fdaftar%2520tabel.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F8%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F9%2Fpengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F10%2Fpernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F11%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F12%2Fpersetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F13%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F14%2Fsanwacana.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F15%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F16%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F17%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F18%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F19%2FBAB%2520V.pdf&rft.identifier=++1013109029+%2C+Masneli+++(2012)+ENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PKn+MELALUI+PENERAPAN+COOPERATIVE+LEARNING+SISWA+KELAS+V+SDN+1+NEGERI+SAKTI+GEDONG+TATAAN+KABUPATEN+PESAWARAN.++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9186%2F