%0 Generic %A 1013109160, Suryanto %D 2012 %F eprints:9192 %T ENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 KEDONDONG KECAMATAN KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/9192/ %X Hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Kedondong masih rendah, terlihat dari hasil yang didapat yaitu 69,57 % siswa belum mencapai KKM 65. Hal ini merupakan masalah yang harus diselesaikan, salah satu penyebabnya yaitu siswa kurang aktif dalam melakukan proses pembelajaran dikelas. Untuk itu peneliti ingin memberikan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share (TPS) yang merupakan salah satu alternatif pembelajaran inovatif yang dapat mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan proses interaksi di antara individu yang dapat digunakan sebagai sarana interaksi sosial diantara siswa dan sekaligus menjawab masalah yang ada di Sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kedondong dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS). Penelitian ini berlangsung 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebagai subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kedondong sebanyak 23 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa tes awal dan tes akhir. Hasil test menunjukkan bahwa dari ketuntasan belajar siswa sebelum melakukan tindakan sebesar 30,43%, setelah dilakukan tindakan ketuntasan belajar meningkat dari siklus I sebesar 71,74% menjadi 81,74% pada akhir siklus II. Siswa telah mencapai ketuntasan belajar pada siklus II pada materi daur air. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS) dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPA sangat memungkinkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya pembelajaran dirancang sedemikian rupa agar dapat memperkaya variasi mengajar. Hal ini untuk mengantisipasi kejenuhan yang dialami oleh siswa dan selalu memantau perkembangan siswa terutama dari perilaku, pemikiran dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Kata Kunci : Peningkatan Analisis IPA, model TPS