%0 Generic %A 1013119122 , EKA YULININGSIH %D 2012 %F eprints:9196 %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS 1V SD NEGERI 2 MATARAM KABUPATEN PRINGSEWU %U http://digilib.unila.ac.id/9196/ %X Penelitian ini beranjak dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 2 Mataram Kecamatan Gadingrejo. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivtas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran STAD di kelas IV SD Negari 2 Mataram Pringsewu. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan prosedur yang berbentuk siklus, yang terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Selain itu, hasil penelitian ditemukan bahwa: (1). Melalui kerja kelompok pembelajaran Matematika dapat diselesaikan dengan mudah, (2). Kegiatan pembelajaran menjadi menarik, (3). Proses pembelajaran dapat diikuti oleh semua siswa, (4). Adanya peningkatan hasil evaluasi belajar siswa. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Model Pembelajaran STAD