@misc{eprints9199, month = {April}, title = {PENGEMBANGAN LKS MEMANFAATKAN MEDIA BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI OPTIK FISIS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK }, author = {1113022005 Ana Kurnia Sari}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/9199/}, abstract = {Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan LKS yang memanfaatkan laboratorium virtual menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan LKS, serta mendeskripsikan keefektifan LKS untuk menuntaskan hasil belajar siswa dalam penilaian ranah kognitif dan afektif pada materi difraksi dan interferensi cahaya. Telah dilakukan penelitian pengembangan LKS dengan memanfaatkan simulasi PhET bagi siswa di SMA Negeri 1 Pringsewu kelas XI MIA 2 sebanyak 26 siswa. Prosedur pengembangan tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Metode pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, pengisian angket, dan tes khusus. Produk yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli desain menunjukkan kualitas LKS sangat menarik, mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil belajar pada penilaian kognitif setelah menggunakan LKS adalah 92,31\% siswa telah mencapai KKM, yaitu 24 siswa dari jumlah seluruhnya sebanyak 26 siswa. Hasil penilaian sikap adalah 100\% dari seluruh jumlah siswa telah mancapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS memanfaatkan laboratorium virtual dengan pendekatan saintifik pada materi difraksi dan interferensi cahaya efektif dan dapat membantu siswa memahami materi tersebut karena penggunaan LKS dapat menuntaskan hasil belajar kognitif dan afektif siswa dengan baik. Kata kunci: laboratorium virtual, LKS, optik fisis, pendekatan saintifik. } }