%A 1013024085 Silfi Auliyanti %T PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok virus di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 1 dan X 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang diperoleh dengan menggunakan lembar Silfi Auliyanti iii observasi dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan e-learning yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan e-learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata pretes pada kelas eksperimen 27,62? 9,63; rata-rata postes 82,67 ? 6,18; dan rata-rata N-gain sebesar 75,75 ? 9,57. Peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1, C2, C3, dan C4) dengan rata-rata N-gain pada indikator C1 sebesar 78,71?12,15; indikator C2 55,78?32,75; indikator C3 sebesar 60,00?29,07; dan indikator C4 53,33?50,74. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen adalah 80,63?7,56 dengan kriteria tinggi. Selain itu, hampir semua siswa (96,67%) merasa senang mempelajari materi dengan menggunakan e-learning. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan e-learning berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok virus. Kata kunci : E-learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Virus %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints9203