%0 Generic %9 Other %A Suryantoro, 0913024072 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:9207 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas x Semester Genap SMAN 1 Kalirejo Tahun Pelejaran 2013/2014 Pada Materi Pokok Dunia Tumbuhan) %U http://digilib.unila.ac.id/9207/ %X ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas x Semester Genap SMAN 1 Kalirejo Tahun Pelejaran 2013/2014 Pada Materi Pokok Dunia Tumbuhan) Oleh SURYANTORO Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XM1 dan XM2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan rata-rata pretes pada kelas eksperimen 36,62 ± 17,23; rata-rata postes 57,87 ± 15,86; dan rata-rata gain sebesar 0,329 ± 0,193. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek iii kognitif (C1, C2, dan C4) dengan rata-rata gain pada indikator C1 sebesar 0,034 ± 0,023; indikator C2 sebesar 0,019 ± 0,014; pada indikator C4 sebesar 0,016 ± 0,015. Sedangkan nilai rata-rata aspek aktivitas belajar siswa yang diamati antara lain: Melakukan pengamatan 67,74±0,87; menggambarkan spesimen yang diamati 54,84±0,95; mempresentasikan hasil diskusi kelompok 72,04±0,86; bekerjasama dalam tim 51,61±0,88; Mengajukan pertanyaan 64,73±0,81. Rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 60,21 ± 9,32 dengan kriteria cukup. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media realia berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok dunia tumbuhan. Kata kunci: hasil belajar, media realia, dan dunia tumbuhan