%0 Generic %9 Other %A Fadel Muhammad Harrys , 111011041 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:9221 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTAURANT BALONG KURING KABUPATEN PRINGSEWU %U http://digilib.unila.ac.id/9221/ %X ABSTRAK Experiential marketing yaitu pendekatan yang menggunakan seluruh pengalaman indra, perasaan, kognisi, fisik dan gaya hidup, serta hubungan dengan kultur atau referensi tertentu yang akhirnya mampu memberikan imajinasi yang berdampak timbulnya nilai pengalaman pada suatu produk atau jasa. Experential marketing tidak hanya sebagai strategi pembeda dari industri lain tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri karena membuat pelanggan mendapatkan interesting memorable. Hasil penelitian sebelumnya didapatkan hasil adanya pengaruh kelima variabel experiential marketing yaitu sense, feel, think, act dan relate terhadap kepuasan konsumen, sedangkan penelitian lain didapatkan hasil pengaruh positif hanya pada variabel sense dan feel terhadap kepuasan konsumen dan sebaliknya variabel think, act, dan relate kurang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sehingga terdapat gap teori pada penelitian terdahulu. Metode penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang sesuai dengan objek dalam penelitian yaitu dengan cara Observasi, Kuisioner dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di restaurant Balong Kuring pada bulan Desember 2014. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan restaurant Balong Kuring. Sampel penelitian berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan sub-variabel yang paling besar pengaruhnya adalah hubungan dan yang paling rendah adalah panca indra. Hasil uji R Square menunjukkan nilai R2= 0.504 hal ini berarti sumbangan variabel Experiental marketing berperan dalam mempengaruhi variabel kepuasan konsumen. Kesimpulan penelitian ini adalah masing-masing variabel experiential marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan (Y). Saran dalam penelitian adalah pihak restaurant Balong Kuring untuk mempertahankan hubungan yang telah terjalin dengan baik dan memperbaiki suasana lingkungan sehingga membuat pengunjung merasa nyaman. Kata kunci : Experiential marketing, Kepuasan, Panca Indera, Perasaan, Pikiran, Tindakan, Hubungan