?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=UPAYA+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR++IPA%0D%0AMENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF++%0D%0ASISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+2+BUMIRATU+%0D%0AKECAMATAN+PAGELARAN+&rft.creator=1013119211%2C+Syafari+&rft.subject=+&rft.description=Penelitian+ini+dilaksanakan+karena+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPA+yang+%0D%0Ahasilnya+dibawah+KKM+yaitu+65%2C+dengan+nilai+rata-rata+60%2C00.+Siswa+belum+tuntas+%0D%0Amencapai+52%25+dan+siswa+tuntas+hanya+48%25+dari+29+siswa+kelas+IV+SDN+2%0D%0ABumiratu+Kecamatan+Pagelaran+Kabupaten+Pringsewu.+Untuk+mengatasi+masalah%0D%0Atersebut+digunakan+model+pembelajaran+kooperatif+yang+bertujuan%3A+(1)%0D%0Ameningkatkan+aktivitas++belajar+siswa+melalui+model+pembelajaran+kooperatif%2C+(2)%0D%0Amenerapkan+model+pembelajaran+kooperatif+untuk+meningkatkan+hasil+belajar%0D%0Asiswa+kelas+IV+SD+Negeri+2+Bumiratu.+%0D%0APenelitian+ini+merupakan+Penelitian+Tindakan+Kelas+yang+dilaksanakan+di+SD%0D%0ANegeri+2+Bumiratu+Kecamatan+Pagelaran+Kabupaten+Pringsewu+dengan+subjek%0D%0Apenelitian+adalah+guru+dan+siswa+kelas+IV.+Penelitian+Tindakan+Kelas+ini%0D%0Adilakukan+dalam+empat+langkah+kegiatan%2C+meliputi+kegiatan+perencanaan%2C%0D%0Amelakukan+tindakan%2C+observasi+dan+refleksi.+Selanjutnya+pada+siklus+ke+dua+jenis%0D%0Akegiatan+yang+dilaksanakan+bersama+guru+mitra+adalah+memperbaiki+rencana%2C%0D%0Apelaksanaan%2C+observasi+dan+refleksi.+Instrument+yang+digunakan+adalah+perangkat%0D%0Ates%2C+lembar+observasi+dan+catatan+lapangan++yang+digunakan+untuk+mengamati%0D%0Aaktivitas+siswa+dan+kinerja+guru.+%0D%0AHasil+dari+penelitian+menunjukkan+bahwa+terjadi+peningkatan+aktivitas+siswa+dan%0D%0Aguru+serta+hasil+prestasi+belajar+siswa.+Pada+siklus+I+aktivitas+siswa+mencapai+%0D%0A47%2C6%25+(cukup)+mengalami+peningkatan+aktivitas+pada+siklus+II+menjadi+70%2C4%25%0D%0A(baik)+dan+pada+siklus+III+mencapai+80%2C8%25+(sangat+baik).+Begitu+pula+dengan%0D%0Akinerja+guru.+Pada+siklus+I+aktivitas+guru+mencapai+50%25+(cukup)+pada+siklus+II%0D%0Amencapai+72%2C22%25+(baik)+dan+pada+siklus+III+mencapai+80%2C6%25+(sangat+baik).%0D%0ASedangkan+untuk+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+prosentase+ketuntasan+mencapai%0D%0A48%2C27%25%2C+siklus+II+mencapai+65%2C51%25++dan+pada+siklus+III+prosentase+ketuntasan%0D%0Amencapai+89%2C66%25.%0D%0A%0D%0A+%0D%0A+%0D%0AKesimpulan+dari+penelitian+ini+adalah%3A+(1)+melalui+penerapan+model+pembelajaran%0D%0Akooperatif+siswa+menjadi+lebih+aktif+dan+bersemangat+dalam+mengikuti+pelajaran%2C%0D%0Ahal+ini+juga+terlihat+dari+penilaian+aktivitas+siswa+yang+semakin+meningkat+dari+%0D%0A%0D%0A+%0D%0Asiklus+ke+siklus%2C+(2)+prestasi+belajar+siswa+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+%0D%0Amenunjukkan+kemajuan+yang+signifikan%2C+secara+keseluruhan+siswa+yang+telah%0D%0Amencapai+skor+ketuntasan+minimal+yang+telah+ditetapkan+sebanyak+25+orang+atau+%0D%0Asekitar+86%2C21%25.+Dengan+demikian+model+pembelajaran+kooperatif+dapat+dijadikan%0D%0Asalah+satu+alternatif+dalam+pembelajaran+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil%0D%0Abelajar+siswa.+%0D%0A%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+aktivitas%2C+hasil+belajar%2C+model+pembelajaran+kooperatif+&rft.date=2012-07-01&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F2%2Fcover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F3%2Fdaftar%2520isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F4%2Fdaftar%2520lampiran.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F5%2Fdaftar%2520tabel.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F6%2Fmoto.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F7%2Fpengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F8%2Fpernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F9%2Friwayat%2520hidup.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F10%2Fsanwacana.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F11%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F12%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F13%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F14%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F15%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F16%2Fdaftar%2520pustaka.pdf&rft.identifier=++1013119211%2C+Syafari+++(2012)+UPAYA+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+SISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+2+BUMIRATU+KECAMATAN+PAGELARAN.++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9225%2F