%0 Generic %A 1013137021 , Sri Rahayu %D 2012 %F eprints:9229 %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STAD (PTK pada Siswa Kelas IIIA SD N 1 Sukadana Ilir Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/9229/ %X Berdasarkan data awal yang diperoleh di SD N 1 Sukadana Ilir yaitu hasil belajar siswa pada ulangan semester ganjil tanggal 6 desember 2011 masih sangat rendah khususnya pelajaran matematika, sebanyak 5 siswa (27,8%) siswa tuntas. Sedangkan 13 siswa (72,2%) siswa belum tuntas. Berdasarkan kenyataan di atas guru menerapkan pembelajaran kooperatif teknik STAD yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini melibatkan 18 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, kelas IIIA di SD N 1 Sukadana Ilir pada semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis kulitatif dan analisis kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif teknik STAD dalam proses pembelajaran Matematika siswa kelas IIIA SD N 1 Sukadana Ilir dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (62,34%), siklus II (76,54%), dan siklus III (8518%). Sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (67,78), siklus II (83,61), dan siklus III (88,89). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pembelajaran kooperatif teknik STAD