@misc{eprints9291, month = {April}, title = {MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBING BILANGAN MELALUI PERMAINAN KELERENG PADA KELOMPOK B TK ANISA METRO TIMUR}, author = {1213254037 WIDYA WATI}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/9291/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran dimana masalah kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan mayoritas masih belum berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan kelereng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan daur siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yakni (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode observasi sebagai metode primer dan metode dokumentasi sebagai metode sekunder. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang kemudian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan melalui permainan kelereng dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan, ini terlihat dari data peningkatan rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan yang semula pada siklus 1 hanya 40\% anak yang mengenal lambang bilangan, meningkat menjadi 65\% pada siklus kedua dan 90\% pada siklus ke III. Oleh sebab itu para guru hendaknya lebih menekankan penggunaan permainan dalam pembelajaran, terutama dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak Kata kunci : kemampuan lambang bilangan dan bermain kelereng} }