@misc{eprints9293, month = {April}, title = {PENGEMBANGAN SUPLEMEN GURU MATERI OPTIK PEMANTULAN DAN PEMBIASAN MENGGUNAKAN INTERACTIVE WHITEBOARD}, author = {1013022024 Arfilian Satawag}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/9293/}, abstract = {Suplemen pembelajaran digunakan dalam proses pembelajaran untuk memperkuat potensi siswa agar tujuan pembelajaran tercapai. Guru fisika perlu memanfaatkan perkembangan teknologi, contohnya dengan menggunakan LCD proyektor dalam proses pembelajaran di kelas. Namun penggunaan LCD proyektor membuat interaksi guru dan murid menjadi berkurang, karena guru duduk di kursi dan sibuk dengan komputer yang membuat siswa tersisih. Seiring dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan kemudian memunculkan perangkat interactive whiteboard, sebuah alat yang merupakan penggabungan antara papan tulis dan komputer tetapi interactive whiteboard belum banyak dikenal, hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan 60\% responden guru belum mengetahui interactive whiteboard. Bahkan sebanyak 80\% responden guru tidak dapat mengoperasikan interactive whiteboard. Beberapa permasalahan inilah dilakukan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa suplemen guru dengan menggunakan interactive whiteboard materi optik dan untuk mengetahui keefektifan terhadap guru. Pencapaian tujuan harus dilakukan dengan penilitian dan pengembangan, prosedur pengembangan produk memiliki tujuh tahap antara lain; 1) Analisis kebutuhan, 2) Identifikasi Sumber Daya, 3) Identifikasi spesifikasi produk, 4) pengembangan produk, 5) uji kelayakan produk, 6) uji eksternal produk, 7) produksi. Setelah dilakukan uji pada penelitian ini produk dapat dikatakan baik dari hasil uji desain 3,08 dan materi 3,07 kemudian uji kemenarikan sebesar 3,2, kemudahan 3,0, kemanfaatan 3,2 dari skala 0-4. Produk juga tergolong efektif dilihat dari hasil normalisasi gain yang kedapatan hasil data 0,8} }