?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+SUPLEMEN+GURU+MATERI+OPTIK+PEMANTULAN+DAN+PEMBIASAN+MENGGUNAKAN+INTERACTIVE+WHITEBOARD&rft.creator=Arfilian+Satawag%2C+1013022024&rft.subject=+&rft.subject=LC+Special+aspects+of+education&rft.description=Suplemen+pembelajaran+digunakan+dalam+proses+pembelajaran+untuk+memperkuat+potensi+siswa+agar+tujuan+pembelajaran+tercapai.+Guru+fisika+perlu+memanfaatkan+perkembangan+teknologi%2C+contohnya+dengan+menggunakan+LCD+proyektor+dalam+proses+pembelajaran+di+kelas.+Namun+penggunaan+LCD+proyektor+membuat+interaksi+guru+dan+murid+menjadi+berkurang%2C+karena+guru+duduk+di+kursi+dan+sibuk+dengan+komputer+yang+membuat+siswa+tersisih.+Seiring+dengan+perkembangan+teknologi+dalam+dunia+pendidikan+kemudian+memunculkan+perangkat+interactive+whiteboard%2C+sebuah+alat+yang+merupakan+penggabungan+antara+papan+tulis+dan+komputer+tetapi+interactive+whiteboard+belum+banyak+dikenal%2C+hal+ini+terbukti+dari+penelitian+yang+dilakukan+60%25+responden+guru+belum+mengetahui+interactive+whiteboard.+Bahkan+sebanyak+80%25+responden+guru+tidak+dapat+mengoperasikan+interactive+whiteboard.+Beberapa+permasalahan+inilah+dilakukan+pengembangan+yang+bertujuan+untuk+menghasilkan+produk+berupa+suplemen+guru+dengan+menggunakan+interactive+whiteboard+materi+optik+dan+untuk+mengetahui+keefektifan+terhadap+guru.+Pencapaian+tujuan+harus+dilakukan+dengan+penilitian+dan+pengembangan%2C+prosedur+pengembangan+produk+memiliki+tujuh+tahap+antara+lain%3B+1)+Analisis+kebutuhan%2C+2)+Identifikasi+Sumber+Daya%2C+3)+Identifikasi+spesifikasi+produk%2C+4)+pengembangan+produk%2C+5)+uji+kelayakan+produk%2C+6)+uji+eksternal+produk%2C+7)+produksi.+Setelah+dilakukan+uji+pada+penelitian+ini+produk+dapat+dikatakan+baik+dari+hasil+uji+desain+3%2C08+dan+materi+3%2C07+kemudian+uji+kemenarikan+sebesar+3%2C2%2C+kemudahan+3%2C0%2C+kemanfaatan+3%2C2+dari+skala+0-4.+Produk+juga+tergolong+efektif+dilihat+dari+hasil+normalisasi+gain+yang+kedapatan+hasil+data+0%2C8&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-04-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F7%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F79%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F76%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F77%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F78%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Arfilian+Satawag%2C+1013022024++(2015)+PENGEMBANGAN+SUPLEMEN+GURU+MATERI+OPTIK+PEMANTULAN+DAN+PEMBIASAN+MENGGUNAKAN+INTERACTIVE+WHITEBOARD.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9293%2F