TY - UNPB CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints9321 UR - http://digilib.unila.ac.id/9321/ A1 - Rizka Silvianti, 1113021061 Y1 - 2015/04/23/ N2 - ABASTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Abung Tinggi tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam dua kelas. Dengan teknik purposive sampling terpilih siswa kelas VIII-B sebagai sampel. Desain penelitian ini adalah one shot case study. Data dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang memahami konsep matematis dengan baik pada pem-belajaran kooperatif tipe jigsaw lebih dari 60%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, jigsaw, pemahaman konsep matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Abung Tinggi Tahun Pelajaran 2014/2015) AV - restricted ER -