@unpublished{eprints9323, month = {April}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015)}, author = {1113021014 Ayu Tamyah}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/9323/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan baik pada kelas Problem Based Learning mencapai lebih dari 0,5 dan lebih tinggi daripada proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi dengan baik pada kelas konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, efektif dan lebih efektif daripada model konvensional. Kata kunci: model Problem Based Learning, komunikasi matematis} }