TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints9342 UR - http://digilib.unila.ac.id/9342/ A1 - Diana Eka Sari, 1013023034 Y1 - 2015/04/17/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran in-kuiri terbimbing pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan ber-pikir luwes siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMAN 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA5 sebagai kelas kontrol dan XI MIA3 sebagai kelas eksperi-men. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control-Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir luwes siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing adalah 0,23 dan 0,63. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir luwes, laju reaksi, model pembelajaran inkuiri terbimbing PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LUWES SISWA AV - restricted ER -