title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL creator: Mardiana Juwita Pasaribu, 1013023073 subject: subject: LC Special aspects of education description: ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL Oleh MARDIANA JUWITA PASARIBU Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan ber-pikir orisinil siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIA5 dan XI MIA3. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest) Control-Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh adanya perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir orisinil pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,58 dan 0,62. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil. Kata kunci: keterampilan berpikir orisinil, laju reaksi, model pembelajaran inkuiri terbimbing publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-04-17 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/86/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/10/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/9/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/16/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9348/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Mardiana Juwita Pasaribu, 1013023073 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/9348/