TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints9364 UR - http://digilib.unila.ac.id/9364/ A1 - Subainar, 1113023062 Y1 - 2015/04/21/ N2 - ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI Oleh SUBAINAR Penerapan kurikulum 2013 memerlukan persiapan khusus seperti perlu menyiap-kan media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran dengan kurikulum 2013. Namun, sekolah belum mempersiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 sehingga pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagaimana yang diamanatkan dalam kurikulum 2013 belum diterapkan. Hal ini merupakan kendala dalam proses pembelajaran di sekolah sehingga perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran dalam hal ini Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan LKS berbasis pende-katan saintifik pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, (2) men-deskripsikan karakteristik LKS yang dikembangkan, (3) mendeskripsikan respon guru terhadap LKS yang dikembangkan, dan (4) mendeskripsikan respon siswa dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono (2013) tetapi tahapan pengembangan hanya dila-kukan sampai revisi kedua setelah uji coba secara terbatas. Penyusunan LKS di- iii lakukan setelah melakukan studi pendahuluan yang terdiri dari studi kepustakaan dan studi lapangan. Setelah itu dilakukan validasi ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Lalu LKS hasil pengembangan tersebut direvisi sesuai dengan saran dan komentar validator. Selanjutnya dilakukan uji coba ter-batas untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap LKS berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan. Uji coba terbatas dilakukan di salah satu SMA di Kabupaten Lampung Utara. Berdasarkan uji coba terbatas untuk respon guru ter-hadap aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan terhadap LKS berbasis pendekatan saintifik diperoleh persentase masing-masing 94,54%, 93,33%, dan 96,00%. Hasil respon siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikan diperoleh per-sentase sebesar 84,87% dan 86,90%. Hasil dari uji coba terbatas tersebut menya-takan bahwa aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan LKS yang di-kembangkan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kata Kunci : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi, Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Saintifik PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI AV - restricted ER -