TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints9375 UR - http://digilib.unila.ac.id/9375/ A1 - Nurhesti Santika, 1113023048 Y1 - 2015/04/21/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan teori tumbukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan subyek penelitian yaitu LKS dengan pendekatan saintifik. Penyusunan LKS dilakukan setelah melakukan studi pendahuluan yang terdiri dari studi kepustakaan dan studi lapangan. Setelah penyusunan LKS maka dilakukan validasi ahli oleh satu dosen ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Setelah dilakukan validasi ahli, dilakukan beberapa revisi terhadap LKS berbasis pendekatan saintifik. Setelah itu meminta penilaian oleh guru yang meliputi aspek kesesuaian isi, keterbacaan dan kemenarikan, serta meminta tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan. Dari hasil penilaian guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan yaitu LKS berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan teori tumbukan, diperoleh persentase pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan sebesar 94%; 84%; dan 84% yang semuanya dikategorikan sangat tinggi. Hasil tanggapan siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikan juga dikategorikan sangat tinggi yaitu dengan persentase 82,7% dan 85,53%. Kata Kunci : LKS, pendekatan saintifik, teori tumbukan PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN TEORI TUMBUKAN AV - restricted ER -