%0 Generic %9 Other %A Yesi Wariesta, 1013041020 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:9401 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL TADARUS CINTA BUYA PUJANGGA KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/9401/ %X ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tadarus Cinta Buya Pujangga karya Akmal Nasery Basral dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tadarus Cinta Buya Pujangga karya Akmal Nasery Basral dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Tadarus Cinta Buya Pujangga karya Akmal Nasery Basral. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Tadarus Cinta Buya Pujangga karya Akmal Nasery Basral memuat 18 nilai-nilai pendidikan karakter meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta Yesi Wariesta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Jumlah nilai pendidikan karakter yang ditemukan sebanyak 119 data (terlampir). Implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di SMA dapat berupa rancangan skenario pembelajaran menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tadarus Cinta Buya Pujangga karya Akmal Nasery Basral. Novel Tadarus Cinta Buya Pujangga karya Akmal Nasery Basral layak dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran sastra di SMA karena sudah memenuhi kriteria dalam pemilihan bahan ajar ditinjau dari (1) aspek kurikulum, (2) aspek pendidikan karakter, dan (3) aspek kesastraan.