TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints9402 UR - http://digilib.unila.ac.id/9402/ A1 - Windi Riani, 0913041072 Y1 - 2015/02/16/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran bermain peran pada siswa kelas VIII SMP Kartika II-2. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bermain peran pada siswa kelas VIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung tahun ajaran 2012/2013. Kegiatan yang dilakukan penulis adalah dengan mengamati secara keseluruhan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran bermain peran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran bermain peran pada siswa kelas VIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan perekaman terhadap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran bermain peran. Objek penelitian ini ialah kegiatan pembelajaran antara guru bidang studi Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. Hasil penelitian pembelajaran bermain peran pada siswa kelas VIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung difokuskan pada 3 komponen yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran bermain peran yang dibuat guru secara keseluruhan telah dirancang berdasarkan komponen pada Kurikulum 2006. Komponen RPP telah dirancang oleh guru secara sistematis, hanya saja masih ada beberapa pelaksanaan yang tidak sesuai dengan RPP. Selanjutnya, hasil pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Windi Riani Pelaksanaan pembelajaran bermain peran berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa di dalam kelas. Pada proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, inkuiri, diskusi, dan penugasan. Aktivitas siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran terdiri atas aktivitas lisan, aktivitas mendengarkan, aktivitas melihat, aktivitas mental, dan aktivitas emosi. Penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru ialah menggunakan penilaian pengetahuan dan keterampilan yaitu dari segi penugasan dan praktik dalam bentuk kelompok. Teknik penilaian penugasan digunakan oleh guru dengan memberikan tugas kepada siswa, tugas tersebut diberikan guru mengetahui pemahaman siswa. Lalu ada tes praktik, teknik penilaian praktik digunakan guru untuk melihat kemampuan siswa dalam pembelajaran bermain peran. Kata kunci : pembelajaran, bermain peran PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -