%0 Generic %9 Other %A Risma Riadila, 1113054051 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:9482 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MEKAR WANGI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/9482/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan aspek sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun Di TK Mekar Wangi Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kegiatan bermain peran makro terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental design untuk melihat pengaruh perlakuan kegiatan bermain peran makro sebagai variabel bebas (X) terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak sebagai variabel terikat (Y). Adapun sampel yang digunakan sebanyak 30 anak. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan menggunakan lembar panduan observasi dengan butir aspek yang akan dinilai kemudian data hasil observasi dianalisis menggunakan rumus regresi linier sederhana dan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kegiatan bermain peran makro terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun Di TK Mekar Wangi Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Bermain Peran Makro, Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini.