?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+KUIS+INTERAKTIF+TIPE+MULTIPLE+RESPONE+UNTUK+MELATIH+KEMAMPUAN+EKSPLORASI+FENOMENA%0D%0AFISIKA+PADA+SISWA+SMA&rft.creator=Asih+Sundari%2C+1113022008&rft.subject=+&rft.subject=LC+Special+aspects+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=ABSTRAK%0D%0APENGEMBANGAN+KUIS+INTERAKTIF+TIPE+MULTIPLE+RESPONE+UNTUK+MELATIH+KEMAMPUAN+EKSPLORASI+FENOMENA%0D%0AFISIKA+PADA+SISWA+SMA%0D%0AOleh%0D%0AAsih+Sundari%0D%0AData+hasil+observasi+di+SMA+Al-Kautsar+Bandar+lampung+menunjukkan+bahwa+sekolah+telah+memiliki+fasilitas-fasilitas+yang+sangat+mendukung+dalam+pembelajaran+serta+memungkinkan+para+guru+dan+siswa+melakukan+proses+belajar+mengajar+menggunakan+komputer.+Namun+dalam+pratiknya%2C+hal+tersebut+tidak+dimanfaatkan+secara+efektif+untuk+menunjang+proses+pembelajaran.+Untuk+mengefektifkan+dan+meningkatkan+proses+pembelajaran+fisika%2C+salah+satunya+dengan+memperbaiki+sarana+atau+tempat+penunjang+pembelajaran+yaitu+dengan+penggunaan+kuis+interaktif+untuk+meningkatkan+kemampuan+eksplorasi+fenomena+fisika+siswa.+Berdasarkan+keadaan+tersebut+peneliti+mengembangkan+kuis+interaktif+tipe+multiple+respon+untuk+melatih+kemampuan+eksplorasi+fenomena+fisika+pada+siswa+SMA.+Tujuan+dari+penelitian+ini+adalah+untuk+mendeskripsikan+program+kuis+interaktif+pada+tipe+multiple+respone+untuk+melatih+kemampuan+eksplorasi+fisika+pada+siswa+SMA+dan+untuk+mengetahui+peningkatan+hasil+belajar+ranah+kognitif+siswa+pada+kemampuan+eksplorasi+fenomena+fisika+setelah+memanfaatkan+kuis+interaktif+tipe+multiple+respone+dalam+pembelajaran+fisika%0D%0Apada+siswa+SMA.+Subjek+penelitian+pengembangan+ini+adalah+siswa+kelas+X3+SMA+Al-Kautsar+Bandar+Lampung.%0D%0APenelitian+ini+mengadaptasi+dari+modifikasi+model+pengembangan+media+menurut+Sadiman+yang+meliputi+tujuh+prosedur%2C+yaitu+%3A+(1)+analisis+kebutuhan+dan+karakteristik+siswa%2C+(2)+merumuskan+tujuan+pembelajaran%2C+(3)+merumuskan+butir-butir+materi%2C+(4)+menyusun+naskah%2Fdraft+media%2C+(5)+menyusun+instrumen+evaluasi%2C+(6)+melakukan+validasi+ahli%2C+serta+(7)+melakukan+uji+coba%2Ftes+dan+revisi%2C+dan+(8)+produk+akhir.+Kesimpulan+yang+diperoleh+dari+penelitian+pengembangan+ini+adalah+(1)+dihasilkan+kuis+interaktif+untuk+melatih+kemampuan+eksplorasi+fenomena+fisika+siswa+yang+disajikan+dalam+soal+yang+mengacu+pada+fenomena+fisika+berupa+animasi+interaktif%2C+video+interaktif%2C+dan+grafik+interaktif+serta+feedback+jawaban.+(2)+Terjadi+peningkatan+hasil+belajar+(pemahaman)+siswa+pada+kemampuan+eksplorasi+fenomena+fisika+setelah+memanfaatkan+media+kuis+interaktif+tipe+Multiple+Respone+dalam+pembelajaran+fisika+pada+siswa+SMA+dengan+perolehan+peningkatan+gain+ternormalisasi+sebesar+0%2C54+(peningkatan+klasifikasi+gain+sedang).%0D%0AKata+kunci+%3A+penelitian+pengembangan%2C+kuis+interaktif%2C+kemampuan+eksplorasi%2C+fenomena+fisika%2C+dan+multiple+respone.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-04-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F6%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F5%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F9%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F10%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F8%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F106%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Asih+Sundari%2C+1113022008++(2015)+PENGEMBANGAN+KUIS+INTERAKTIF+TIPE+MULTIPLE+RESPONE+UNTUK+MELATIH+KEMAMPUAN+EKSPLORASI+FENOMENA+FISIKA+PADA+SISWA+SMA.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9491%2F