%0 Generic %9 Other %A Asih Sundari, 1113022008 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:9491 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE MULTIPLE RESPONE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA PADA SISWA SMA %U http://digilib.unila.ac.id/9491/ %X ABSTRAK PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE MULTIPLE RESPONE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA PADA SISWA SMA Oleh Asih Sundari Data hasil observasi di SMA Al-Kautsar Bandar lampung menunjukkan bahwa sekolah telah memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat mendukung dalam pembelajaran serta memungkinkan para guru dan siswa melakukan proses belajar mengajar menggunakan komputer. Namun dalam pratiknya, hal tersebut tidak dimanfaatkan secara efektif untuk menunjang proses pembelajaran. Untuk mengefektifkan dan meningkatkan proses pembelajaran fisika, salah satunya dengan memperbaiki sarana atau tempat penunjang pembelajaran yaitu dengan penggunaan kuis interaktif untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi fenomena fisika siswa. Berdasarkan keadaan tersebut peneliti mengembangkan kuis interaktif tipe multiple respon untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena fisika pada siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program kuis interaktif pada tipe multiple respone untuk melatih kemampuan eksplorasi fisika pada siswa SMA dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa pada kemampuan eksplorasi fenomena fisika setelah memanfaatkan kuis interaktif tipe multiple respone dalam pembelajaran fisika pada siswa SMA. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X3 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini mengadaptasi dari modifikasi model pengembangan media menurut Sadiman yang meliputi tujuh prosedur, yaitu : (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan pembelajaran, (3) merumuskan butir-butir materi, (4) menyusun naskah/draft media, (5) menyusun instrumen evaluasi, (6) melakukan validasi ahli, serta (7) melakukan uji coba/tes dan revisi, dan (8) produk akhir. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah (1) dihasilkan kuis interaktif untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena fisika siswa yang disajikan dalam soal yang mengacu pada fenomena fisika berupa animasi interaktif, video interaktif, dan grafik interaktif serta feedback jawaban. (2) Terjadi peningkatan hasil belajar (pemahaman) siswa pada kemampuan eksplorasi fenomena fisika setelah memanfaatkan media kuis interaktif tipe Multiple Respone dalam pembelajaran fisika pada siswa SMA dengan perolehan peningkatan gain ternormalisasi sebesar 0,54 (peningkatan klasifikasi gain sedang). Kata kunci : penelitian pengembangan, kuis interaktif, kemampuan eksplorasi, fenomena fisika, dan multiple respone.