%A 1113031005 Ahmad Jaenudin %J Hasil Belajar IPS Terpadu Menggunakan NHT dan LT dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi %T HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBRED HEAD TOGETHER (NHT) DAN LEARNING TOGETHER (LT) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Way Tuba dengan sampel penelitian meliputi siswa kelas VIII A dan VIII B yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket. Pengujian hipotesis pertama dan keempat menggunakan anava dua jalur dan pengujian hipotesis kedua dan ketiga menggunakan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT). 2) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Together (LT). 3) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih rendah dibandingkan dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Together (LT). 4) Ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci: Hasil Belajar, LT, Motivasi Berprestasi, dan NHT %N 2 %P 1-13 %V 3 %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints9525