%A 1113031059 Ridho Putra Sandi %T PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA DALAM KELUARGADAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWAKELAS XI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X Hasil belajar adalah kemampuan anak yang diperoleh pada ahir proses pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap atau memahami suatu bahan yang telah diajarkan. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 14 Bandar Lampung diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan mengetahui pengaruh positif pendidikan etika dalam keluarga dan aktivitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung sebanyak tiga kelas dengan jumlah seluruh siswa 101 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan meggunakan rumus T. Yamane didapat sebanyak 81 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriftif verifikatif dengan menggunakan ex post facto dan survei. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh pendidikan etika dalam keluarga dan aktivitas belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan analisis data diperoleh F hitung 41,600 > F tabel 3,11 yang ditunjukkan dengan regresi linier multiple dengan koefisien determinasi (r2) 0,516 yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh pendidikan etika dalam keluarga dan disiplin belajar di sekolah sebesar 51,6% dan sisanya 48,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Pendidikan Etika. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints9552