@misc{eprints9554, month = {April}, title = {STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ICT DAN MEDIA TRADISIONAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014}, author = {1013031055 Paulus Tendy}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/9554/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara penggunaan media ICT dan media tradisional dan untuk mengetahui perbedaan efektivitas penggunaan media ICT dan media tradisional pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VII sebanyak 153 orang. Sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas kontrol 23 siswa. Pengambilan sampel menerapkan teknik cluster sampling. Pengambilan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis pertama menggunakan t-test dua sampel independent dan untuk pengujian hipotesis kedua menggunakan rumus efektifitas gain. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: 1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu yang diajar dengan menggunakan media ICT dan yang diajar dengan menggunakan media tradisional, hal ini ditunjukan dengan thitung (3,406) {\ensuremath{>}} ttabel (2, 015). 2) Hasil uji efektifitas antara penggunaan media ICT dan media tradisional adalah 1,137 yang artinya penggunaan media ICT lebih efektif dibandingkan media tradisional. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media ICT, dan Media Tradisional.} }