TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints9561 UR - http://digilib.unila.ac.id/9561/ A1 - WENNY SEPTA RIANI, 1113109047 Y1 - 2015/01/17/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SD Negeri 3 Cipadang Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema peduli terhadap makhluk hidup. Hal ini ditunjukan data di mana pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan kategori kurang aktif 56%. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat aktif 83%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 67,64% dari 17 orang siswa, dan meningkat 14,12% menjadi 81,76% pada siklus II. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS IV SDN 3 CIPADANG KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TP 2014/2015 AV - restricted ER -