@misc{eprints9580, month = {Oktober}, title = {PERSEPSI GURU IPS TENTANG AUTHENTIC ASSESSMENT (PENILAIAN SEBENARNYA) PADA TINGKAT SMP DI KECAMATAN NEGERIKATON KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 }, author = {Amallia 0413034015}, year = {2010}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/9580/}, abstract = {Evaluasi model authentic assessment (penilaian sebenarnya) mendorong siswa untuk menerapkan informasi hasil belajar yang diperoleh ke dalam dunia nyata. Pada prinsipnya Authentic assessment menekankan agar siswa mampu mempelajari, bukan apa yang diperolehnya di akhir proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di seluruh SMP/MTs yang ada di Kecamatan Negeri Katon bahwa sebanyak 18 dari 30 orang guru (60\%) para responden merasa akan kesulitan jika menggunakan authentic assessment berdasarkan prinsip-prinsip authentic assessment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru IPS tentang authentic assessment berdasarkan prinsip-prinsip authentic assessment yaitu: (1) Pengetahuan dan pemahaman guru tentang authentic assessment, (2) Pengukuran semua aspek pembelajaran, (3) Keterbatasan waktu pelaksanaan penilaian, (4) Pemanfaatan sumber belajar, (5) Pengumpulan data penilaian selain dengan tes, (6) Tugas-tugas cerminan kehidupan nyata siswa, (7) Pengukuran kedalaman pengetahuan dan keahlian siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi, serta analisa penelitian menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sebagian kecil guru setuju (5\%) dalam hal pengetahuan dan pemahaman guru dalam authentic assessment, (2) Ada sebagian kecil guru setuju (25\%) dalam hal pengukuran semua aspek pembelajaran, (3) Sebagian kecil guru setuju (15\%) dalam hal keterbatasan waktu pelaksanaan penilaian (alokasi waktu), (4) Ada sebagian kecil guru setuju (10\%) dalam hal pemanfaatan sumber penilaian, (5) Ada sebagian kecil guru yang setuju (10\%) dalam hal pengumpulan data selain dengan tes, (6) Ada sebagian kecil guru yang setuju (10\%) dalam hal tugas cerminan kehidupan siswa, (7) Ada sebagian kecil guru yang setuju (25\%) dalam hal pengukuran kedalaman pengetahuan dan keahlian siswa dalam menggunakan authentic assessment } }