%A 1116051023 Erika Oktania %T Kajian Tentang Motivasi Hedonik Dan Utilitarian Dalam Perilaku Pembelian Online (Studi Pada Mahasiswa/I Di Bandar Lampung Yang Melakukan Pembelian Online) %X ABSTRAK Penelitian ini meneliti tentang motivasi hedonik dan motivasi utilitarian dalam melakukan pembelian online pada mahasiswa/i di Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan motivas hedonik, motivasi utilitarian dalam perilaku pembelian online pada mahasiswai di Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk memberikan gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 100 responden, Analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel motivasi hedonik yang paling dirasakan oleh responden adalah indikator belanja online memberi saya ide tentang tren serta mode terbaru, dan indikator saya menikmati saat mencari diskon ketika saya belanja online, sedangkan pada motivasi utilitarian yang paling dirasakan oleh responden adalah indikator saya merasakan manfaat ketika saya belanja online, dan indikator saya merasakan manfaat ketika saya belanja online. Kata kunci : Motivasi hedonik, motivasi utilitarian, pembelian online ABSTRACT This research aimed to investigate on hedonic motivation and utilitarian motivation in online purchasing at the students in Bandar Lampung. The purpose of this study is to describe hedonic motivation and utilitarian motivation in online purchasing of the students in Bandar Lampung. This research was descriptive research that conducted in order to describe the situation objective. The samples o the research were 100 respondents. The data were analyzed by using descriptive analysis. The results of this research pointed at the variable of hedonic motivation as the most experienced by respondents were indicator of online purchasing give me the idea about trand,newest mode, mean while, the most influenced utilitarian motivation showed that indicator of I eel the benefit when I am having online shopping and indicator of when I am having online shopping, I will plan what stuff look for first. Keywords: hedonic motivation, utilitarian motivation, online purchasing. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik %L eprints9594