%0 Generic %A 0543034002, AMALIA MEILANI %D 2011 %F eprints:9602 %T HUBUNGAN ANTARA SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN GEOGRAFI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA SWADHIPA NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010 %U http://digilib.unila.ac.id/9602/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap pelajaran geografi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Swadhipa Natar Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 112 siswa. jumlah sampel yang diambil 40% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 45 siswa dengan teknik Proporsional Random Sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment pearson dan korelasi ganda dengan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS)versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Terdapat hubungan yang positif yang cukup kuat dan signifikan antara sikap siswa terhadap pelajaran geografi dengan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Swadhipa Natar Lampung Selatan dengan koefisien korelasi sebesar 0,465. Hal ini berarti bahwa ada kecenderungan semakin positif sikap siswa terhadap pelajaran geografi maka akan semakin tinggi prestasi belajar geografi yang dicapai.Sebaliknya semakin negatif sikap siswa terhadap pelajaran geografi maka akan semakin rendah prestasi belajar geografi yang dicapai siswa kelas XI IPS SMA Swadhipa Natar Lampung Selatan. 2)Terdapat hubungan yang positif yang cukup kuat dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Swadhipa Natar Lampung Selatan dengan koefisien korelasi sebesar 0,450. Hal ini berarti bahwa ada kecenderungan semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi prestasi belajar geografi yang dicapai, sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa maka akan semakin rendah prestasi belajar geografi yang dicapai siswa kelas XI IPS SMA Swadhipa Natar Lampung Selatan. 3)Terdapat hubungan positif yang cukup kuat dan signifikan antara sikap siswa terhadap pelajaran geografi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Swadhipa Natar Lampung Selatan dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,508. Hal ini berarti bahwa ada kecenderungan semakin positif sikap siswa terhadap pelajaran geografi dan semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi prestasi belajar yang dicapai siswa, dan sebaliknya semakin negatif sikap siswa terhadap pelajaran geografi dan semakin rendah motivasi belajar maka akan cenderung semakin rendah prestasi belajar yang dicapai siswa. Koefisien korelasi sikap lebih besar daripada koefisien korelasi motivasi belajar. Kata kunci : sikap siswa, motivasi belajar siswa, prestasi belajar siswa.